Skip to content

Menyikapi Perpecahan (Iftirooq) & Perselisihan Ummat Islam (Ikhtilaaf)

26 March 2011

Perpecahan Ummat Islam adalah sesuatu hal yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Sunnatullooh. Terlebih lagi bahwa Ummat Islam ini akan mengalami seperti apa yang dialami oleh orang-orang Yahudi dan Nashroni. Oleh karena itu, Perpecahan Ummat (Iftirooq) ini, dari tinjauan lain, adalah merupakan Tasyabbuh (mengikuti) mereka, orang-orang Yahudi dan Nashroni.

Yang harus diketahui, diyakini dan disikapi dengan baik, seharusnya serta sebenarnya adalah, bahwa Kaum Muslimin hendaknya:
1. Membenarkan bahwa Ummat terdahulu telah terpecah belah menjadi sekian banyak golongan
2. Membenarkan bahwa Ummat Islam pun akan menjadi terpecah belah menjadi 73 golongan, seperti yang telah disinyalir oleh Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم
3. Meyakini bahwa Ummat Islam pun akan menyerupai ummat-ummat terdahulu, yaitu orang-orang Yahudi dan Nashroni
4. Betapa pun hal yang tercantum pada no: 1, 2 dan 3 diatas; kita harus mematuhi dan menepati apa yang menjadi perintah dan anjuran Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم yaitu tetap berpegang teguh dengan As Sunnah dan Al Jamaa’ah, serta tidak berpecah dan berpisah darinya. Karena kita disuruh untuk patuh pada perintah Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, dan menjauh dari apa yang menjadi larangan Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم. Sedangkan, Allooh سبحانه وتعالى memerintahkan kita, agar kita bersatu diatas Al Haq, tidak boleh berpecah-belah dan bercerai berai.

Namun ada sebagian kaum Muslimin yang kurang mendalami dan memahami makna perbedaan antara Perpecahan (Iftirooq) dan Perselisihan (Ikhtilaaf), sehingga mereka itu menyikapi Perselisihan (Ikhtilaaf) dengan menggunakan sikap yang porsinya adalah untuk menyikapi Perpecahan (Iftirooq). Dan sebaliknya, menyikapi Perpecahan (Iftirooq) dengan porsi sikap yang sebenarnya adalah untuk menyikapi Perselisihan (Ikhtilaaf). Antara lain dalam hal ini adalah sikap mereka terhadap masalah ORGANISASI.

Akibatnya tidak jarang, muncul sikap yang salah bahkan membahayakan bagi persatuan ummat (– walaupun mereka mengatasnamakan dirinya dengan persatuan ummat –), sehingga hal ini memporak-porandakan barisan kaum Muslimin dan dakwah di tanah air kita ini.

Karena itu, melalui audio ceramah berikut ini, akan disampaikan penjelasan bahwa Ummat Islam ini akan berpecah belah, bergolongan-golongan menyerupai Yahudi dan Nashroni, dan karenanya justru hendaknya kita ini waspada untuk hanya mengikuti ajaran Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, yaitu bersatu diatas kebenaran, dan tidak mudah terprovokasi untuk dipecah-belah dan dicerai-beraikan.

Download:

Menyikapi Iftirooq & Ikhtilaaf Bagian-1

Menyikapi Iftirooq & Ikhtilaaf Bagian-2

Menyikapi Iftirooq & Ikhtilaaf Bagian-3

Menyikapi Iftirooq & Ikhtilaaf Bagian-4

5 Comments leave one →
  1. 31 March 2011 7:02 pm

    Assalamu’alaykum,
    Ana izin download & share lagi di blog ustadz Achmad.. juga artikel + kajian-kajiannya yang lain. Semoga bermanfaat bagi diri ana pribadi dan kaum muslimin.
    Jazaakumullah khoiran

    • 31 March 2011 10:12 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja….. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat…. Barokalloohu fiika

  2. ari abdurrahman permalink
    14 May 2011 9:28 am

    Bismillah..afwan ustad, mau nanya bagaimana kita menyikapi perbedaan pendapat tentang masalah yayasan Ihya At Turots.. diantara para ulama? Ana bingung dengan tahdzir wal hajr yang dilakukan sesama Ahlus Sunnah… Jazakallahu khairan katsiro atas jawabannya…

  3. Ghozali permalink
    27 February 2013 2:09 pm

    Bismillah…
    Assalamu’alaykum,

    Afwan ustadz, ana izin ngedonlod artikel-artikel baik mp3 maupun pdf, ataupun copy paste artikel yang ada di blog ustadz. Syukron wa jazakallohu khoyr….

    • 28 February 2013 2:53 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat…. Barokalloohu fiika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: