Skip to content

Kemerdekaan & Imperialisme

18 August 2013

Kemerdekaan adalah bebas dan berdiri sendiri. Merdeka juga diartikan dengan tidak terikat, dan tidak tergantung pada orang atau pihak tertentu. Sementara Imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar. Demikian Merdeka dan Imperialisme didefinisikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Namun yang jelas, Merdeka dan Kemerdekaan adalah karunia Allooh سبحانه وتعالى, sebagaimana hidup, sehat, lapang, sejahtera juga adalah nikmat Allooh سبحانه وتعالى. Nikmat-nikmat ini harus disyukuri dan bentuk syukur itu adalah menggunakan seluruh nikmat itu dalam rangka taat pada Allooh سبحانه وتعالى.

Allooh سبحانه وتعالى telah memberi isyarat melalui kisah-kisah dalam Al Qur’an, bahkan bukti-bukti sejarah agar menjadi pelajaran bagi semua kita bahwa apabila nikmat Allooh سبحانه وتعالى itu tidak dipergunakan untuk taat pada Allooh سبحانه وتعالى, untuk patuh pada tuntunan dan Syari’at Allooh سبحانه وتعالى maka nikmat akan berbalik menjadi niqmah. Kemakmuran akan menjadi kehancuran. Senang menjadi duka. Kebahagiaan menjadi musibah. Kesejahteraan menjadi petaka.

Maka marilah kita maknai Merdeka dan Kemerdekaan dengan makna yang berdampak kepada menepati Syari’at Allooh سبحانه وتعالى dan tidak justru melanggar dan mengingkarinya.

Selamat menyimak audio Khutbah Jum’at berikut ini.

Download:

Kemerdekaan & Imperialisme

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: