Skip to content

Anjuran Berdzikir di Pasar

14 May 2014

Anjuran Berdzikir di Pasar

Ulul albaab yaitu orang yang pandai, cerdas, pintar, berakal; adalah orang yang selalu mengingat Allooh سبحانه وتعالى, baik dalam keadaan berdiri, dalam keadaan duduk, bahkan berbaring sekalipun. Mereka selalu mengingat Allooh سبحانه وتعالى dimana saja, kapan saja, bahkan dalam situasi dan kondisi apapun.

Pasar yang biasa kita kenal adalah tempat bahkan waktu dimana manusia sibuk dan sibuk dengan perkara pekerjaan, keuangan, keduniasan, harta, jual maupun beli. Sedemikian sibuknya manusia.

Bagi orang yang berpikir, cerdas, pandai ataupun ulul albaab; mereka tahu, mereka sadar bahwa semua kesibukan itu berpeluang besar untuk tidak ingat, lupa dan lalai terhadap Allooh سبحانه وتعالى. Bagi orang yang sadar bahwa hidup adalah untuk beribadah. Bagi mereka yang tahu bahwa dunia adalah fitnah, tidak mustahil bisa melalaikan, bahkan menjauhkan dari Allooh سبحانه وتعالى. Bagi orang yang mengetahui bahwa menyibukkan diri dengan mengingat Allooh سبحانه وتعالى bukanlah rintangan untuk sukses hidup di dunia, bahkan merupakan jalan kesuksesan; maka betapapun di pasar, Allooh سبحانه وتعالى akan tetap menjadi Yang selalu mereka ingat.

Ingat melalui mulut dengan menggunakannya untuk bertasbih, bertakbir, bertahmid atau mungkin membaca Al Qur’an. Tangan dan upaya mereka selalu mengingat pada Allooh سبحانه وتعالى melalui tidak berlaku curang, tidak berdusta, tidak menipu, atau apapun yang membuat orang lain menjadi rugi atau tersakiti dan teraniaya. Hati mereka pun senantiasa ingat kepada Allooh سبحانه وتعالى dengan bergantung kepada-Nya, bertawakkul kepada-Nya, berharap dari-Nya, berdo’a pada-Nya agar usahanya menjadi barokah, untungnya menjadi berlipat, menolong orang yang susah dan berkhidmat pada Islam serta mendekatkan diri pada Allooh سبحانه وتعالى.

Simaklah audio ceramah berikut ini.

Download:

Anjuran Berdzikir di Pasar, Bagian-1

Anjuran Berdzikir di Pasar, Bagian-2

Anjuran Berdzikir di Pasar, Bagian-3

Anjuran Berdzikir di Pasar, Bagian-4

Anjuran Berdzikir di Pasar, Bagian-5

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: