Skip to content

Marilah Belajar !

25 November 2018

Diantara karakteristik manusia yang berakal, terlebih lagi Muslim yang taat dan atau selalu mengikuti tuntunan yang berasal dari Allõh سبحانه وتعالى dan Rosũlullõh صلى الله عليه وسلم, pastilah mereka akan menemukan diantaranya suatu tuntunan dari Rosũlullõh صلى الله عليه وسلم yang mengatakan bahwa: “Sesungguhnya seorang mukmin itu tidak akan terjebak dalam lobang yang sama dua kali.”

Artinya, seorang muslim bisa jadi terjebak dalam masa hidupnya oleh sesuatu yang tidak nyaman, sesuatu yang tidak disukainya, atau sesuatu yang menyebabkannya memperoleh kerugian atau penderitaan; namun segera setelah itu ia tersadar akan bahayanya, kemudian segera mencari penyebabnya dan mewaspadai langkah-langkah berikutnya agar tidak memperoleh kerugian yang sama atau lebih parah.

Dalam hal ini Allõh سبحانه وتعالى sudah memberi berbagai teguran, berbagai peringatan agar manusia mencari apa penyebabnya. Bahkan sebelum terjadi, Allõh سبحانه وتعالى telah isyaratkan tentang sebab dan akibat: Jika berbuat A maka akan berakibat B. Misalnya: Jika seorang hamba patuh dan taat kepada Allõh سبحانه وتعالى, maka dia akan diberkahi dan sebaliknya jika dia ma’shiyat maka bukanlah keberkahan yang akan diraih tetapi malah bisa kutukan yang dirasakannya. Jika seseorang membenci dan memusuhi Islam, pasti Allõh سبحانه وتعالى akan hinakan dia. Jika seseorang memperjuangkan syariat-Nya, menolong sunnah Nabi-Nya, maka Allõh سبحانه وتعالى akan muliakan dia di dunia dan di akherat. Jika manusia minum khomr, maka bukan sekedar akalnya yang rusak, akan tetapi kutukan Allõh سبحانه وتعالى bahkan akan melanda orang yang mendiamkannya.

Oleh karena itu, “Marilah Kita Belajar” ! Simaklah audio berikut ini.

Download:

Marilah Belajar

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: