Skip to content

Kiat Menghindari Dosa

25 November 2018

Segala sesuatu pasti menimbulkan dampak, jika penyebabnya positif maka dampaknya in syã Allõh positif. Jika penyebabnya negatif, maka dampaknya akan menjadi negatif. Dan perlu diingat tentunya bahwa positif dan negatif, untung dan rugi, baik dan benar, patut dan tidak patut; hendaknya itu semua Syariat Allõh lah yang menjadi tumpuan dan landasannya.

Setiap kema’shiyatan dan dosa pastilah akan berdampak dan berakibat membahayakan dan merugikan, bisa jadi pada pelakunya sendiri, bisa jadi dampaknya tidak selamanya hari ini akan tetapi esok hari atau yang akan datang, bisa jadi bukan sekedar di dunia tetapi juga di akherat, atau bahkan bisa jadi bukan hanya berdampak pada pelakunya tetapi pada orang lain di sekitarnya yang mendiamkannya ataupun keluarganya.

Dengan demikian, dosa harus dihindari sedapat mungkin. Bagaimana seorang hamba bisa menghindari perbuatan dosa dan ma’shiyat itu? Pastilah Islam yang mampu menjawabnya dan mengarahkannya. Tinggal kita, maukah mengetahuinya, menggalinya, kemudian menghindarinya dari kehidupan kita ataukah tidak. Jika kita mampu menghindarinya maka bukan sekedar keberkahan hidup, tetapi Allõh سبحانه وتعالى pun akan mencintainya dan meridhoinya. Tetapi sebaliknya jika ma’shiyat yang selalu menjadi bagian dari hidupnya, maka kerugian, musibah, kegalauan, bahkan murka dan kutukan Allõh سبحانه وتعالى selalu membayang-bayangi hidupnya.

Maka simaklah audio khutbah Jum’at berikut ini !

Download:

Kiat Menghindari Dosa

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: