Skip to content

Deklarasi Jakarta 2010, Kongres Umat Islam Indonesia ke-V

15 June 2010

DEKLARASI JAKARTA 2010

KONGRES UMAT ISLAM INDONESIA KE-V

Bismillahirrohmanirrohim

Memperhatikan  kesejarahan  umat  Islam  bahwa  atas  berkat  rahmat Allooh  Subhanahu wata’ala; kami para ulama, zuamma, cendekiwan muslim, pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan lembaga  keislaman,  serta  unsur  umat  Islam  lainnya  telah  melangsungkan  tradisi  yang baik (sunnah hasanah) para pendahulu  yakni melaksanakan Kongres Umat  Islam  Indonesia V pada tanggal  7-10  Mei  2010  di  Jakarta.  Setelah  mengikuti aspirasi peserta  Kongres  Umat  Islam Indonesia ke-V tahun 2010, maka:

1.  Para peserta sepakat untuk menyamakan pola pikir, gerak dan langkah strategis dalam rangka menghadapi  tantangan  umat, bangsa  dan Negara sebagai  bagian yang tidak terpisahkan dalam berpartisipasi bagi pembangunan dan kejayaan umat Islam, bangsa dan Negara Indonesia.

2.  Umat Islam sebagai bagian terbesar bangsa Indonesia, memiliki tanggungjawab yang besar dalam  rangka  memberikan sumbangsih yang besar dalam rangka kemajuan bangsa dan Negara. Untuk  itu, peserta sepakat untuk berhidmat dan melakukan  ihtiar bagi kepentingan kemajuan bangsa Indonesia.

3.  Para peserta meneguhkan komitmen untuk melaksanakan  penguatan kepemimpinan yang berpijak pada sunnah Rasulullah  sebagai uswatun  hasanah dan pemberdayaan ekonomi syariah dalam rangka kesejahteraan umat, bangsa dan Negara.

4.  Peserta Kongres Umat Islam memandang pentingnya kepemimpinan umat sebagai perwujudan perjuangan menerapkan amar ma’ruf  nahyi munkar dalam rangka menegakan syariat Islam pada seluruh sendi kehidupan bangsa dan Negara.

5.  Kongres Umat Islam Indonesia bukanlah merupakan sebuah  institusi, melainkan sebagai event 5 (lima) tahunan. Untuk itu perlu  ada pihak yang menindaklanjuti dan memonitor selama 5 (lima) tahun  berjalan, serta menyiapkan pelaksanaan Kongres Umat Islam Indonesia selanjutnya.

6.  Badan Pekerja Kongres Umat Islam Indonesia V tahun 2010 dipilih dan diangkat oleh Majelis Ulama Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

a.  Ketua ditunjuk oleh Majelis Ulama Indonesia;

b.  Sekretaris ex-officio Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia; dan

c.  Anggota dipilih dan diangkat sebanyak-banyaknya berjumlah 9 (Sembilan) orang sebagai representasi dari Organisasi Islam.

Billahittaufiq Wal Hidayah

Jakarta, 9 Mei 2010

Sumber :

http://www.mui.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=182:deklarasi-jakarta-kuii-2010&catid=1:berita-singkat&Itemid=50

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: