Skip to content

VIDEO: Beriman pada Hari Akhir

28 November 2021

BERIMAN PADA HARI AKHIR PATH

Seandainya ada manusia yang menganggap dirinya sudah sukses di dunia ini dengan banyaknya harta atau istri dan anak yang dimilikinya, tingginya kedudukan / jabatannya dan lain sebagainya; lalu dengan itu semua maka ia merasa dirinya sudah “final”, lalu ia merasa puas dan terbuai dengannya seolah tidak ada lagi unsur rugi dan untung setelah itu; maka ketahuilah bahwa sesungguhnya orang yang demikian itu adalah jaahil (bodoh) atau bisa jadi juga ia adalah seorang yang kaafir (tidak beriman kepada Allooh سبحانه وتعالى dan tidak beriman kepada Hari Akhir).

Oleh karena seorang Mu’min itu adalah seorang yang memiliki kesadaran penuh bahwa hidup di dunia ini hanyalah ladang untuk ber-amal shoolih, sehingga dia tidak akan menjadikan kehidupan di dunia ini sebagai kesuksesan yang hakiki, tetapi dirinya meyakini bahwa ia harus berjuang dengan perjuangan yang panjang untuk berusaha meraih cinta dan ridho Allooh سبحانه وتعالى agar kelak sesudah matinya ia mendapat rahmat Allooh سبحانه وتعالى untuk menjadi orang yang selamat dari Neraka dan masuk kedalam Surga-Nya. Maka barulah dikala itu ia terkategorikan sebagai seorang yang sukses, dengan kesuksesan yang sebenar-benarnya.

Setidaknya ada tiga ayat Al-Qur’an berikut ini, dimana Allooh سبحانه وتعالى mengingatkan manusia tentang hal tersebut, yaitu antara lain adalah QS. Aali ‘Imroon (3) ayat 185 sebagai berikut:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

Jadi akhir dari kehidupan kita yang disebut dengan “untung (sukses) yang hakiki” itu adalah jika kita “sudah selamat dari Neraka dan sudah masuk ke dalam Surga”. Kalau itu belum kita jangkau, belum kita capai, maka yakinilah bahwa kita masih dalam keadaan spekulatif. Mungkin bisa beruntung atau mungkin pula bisa merugi. Oleh karena itu tidak boleh ada diantara kita yang merasa tenang dalam hidup ini; dan hendaknya kita mengkaji ilmu berkaitan dengan “Beriman kepada Hari Akhir” tersebut agar dapat memahaminya serta kemudian mempersiapkan diri dengan Iman dan Amal Shoolih setelah terlebih dahulu berilmu terhadapnya.

Silahkan menyimak rangkaian kajian berikut ini (klik pada link https fb-watch yang ada setelah setiap judul kajian), semoga menjadi ilmu yang bermanfa’at !

1) ASH-SHIROTH

https://fb.watch/9yBQE1FuR2/

2) TELAGA ROSUULULLOOH & ASY-SYAFA’AT

https://fb.watch/9yBTyPRZx1/

3) DAHSYATNYA ADZAB ALLOOH DI NERAKA

https://fb.watch/9yBVDfI8MI/

4) BERBAGAI ADZAB DI NERAKA

https://fb.watch/9yBZJMCAwU/

5) PENGHUNI NERAKA

https://fb.watch/9yC0BEFUD1/

6) DOSA-DOSA YANG MENJERUMUSKAN MANUSIA KE NERAKA (BAGIAN-1)

https://fb.watch/9yzhgwGgwy/

7) DOSA-DOSA YANG MENJERUMUSKAN MANUSIA KE NERAKA (BAGIAN-2)

SUB-BAB= MANUSIA-MANUSIA TERKUTUK DALAM TERMINOLOGI AL-QUR’AN

https://fb.watch/9yWD8XF11E/

8) SURGA, UNTUK SIAPA?

https://fb.watch/9PLDDgG0v6/

9) AMALAN PENGHANTAR MENUJU SURGA (BAGIAN-1)

https://fb.watch/a6eU2ejRDx/

10) AMALAN PENGHANTAR MENUJU SURGA (BAGIAN-2)

https://fb.watch/aoZKsoASTs/

11) AMALAN PENGHANTAR MENUJU SURGA (BAGIAN-3)

https://fb.watch/aH8zH4Lt2Y/

12) TEMATIS MENJELANG ROMADHON: “AGAR ROMADHON MENJADI SOLUSI”

https://fb.watch/b_vUDyssJn/

13) IMAN KEPADA TAQDIR

https://fb.watch/d8370evwPj/

13) TEMATIK: “KEWAJIBAN MUSLIM TERHADAP ROSUULULLOOH”

https://fb.watch/dKs79YAKzO/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: