Skip to content

Haroomnya Duduk dan Sholat diatas Kuburan

3 August 2010

HAROOMNYA DUDUK DAN SHOLAT DIATAS KUBURAN

Oleh:  Ustadz Achmad Rofi’i, Lc.

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

Muslimin dan muslimat yang dirahmati Allooh سبحانه وتعالى,

Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم melarang keras untuk duduk dan sholat diatas atau menghadap kuburan. Bahkan pada saat sakit menjelang wafatnya Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, perkara yang dinyatakan Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم adalah bahwa Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم mengutuk Yahudi dan Nashroni karena mereka telah menjadikan kuburan para Nabi mereka sebagai Masjid.

Hadits-Hadits berikut adalah merupakan segelintir bukti yang menunjukkan bahwa Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم amat sangat perhatian mencegah umatnya agar tidak terjerembab dalam perkara yang mengundang murka Allooh dan kutukan-Nya.

Perhatikan hadits-hadits berikut ini:

1)      ‘Aaisyah رضي الله عنها berkata,

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَرَضِهِ الَّذِي لَمْ يَقُمْ مِنْهُ : لَعَنَ اللَّهُ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ ( متفق عليه )

Telah bersabda Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم pada saat sakit yang tidak sembuh setelah itu, ‘Allooh mengutuk Yahudi dan Nashoro karena mereka telah menjadikan kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai Masjid’.” (Hadits Riwayat Imaam Al Bukhoory dan Imaam Muslim)

2)      Dari Abu Hurairoh رضي الله عنه,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَاتَلَ اللَّهُ الْيَهُودَ اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ ( متفق عليه

bahwa Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda, “ Semoga Allooh memerangi (mengutuk) Yahudi dan Nashoro, karena mereka telah menjadikan kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai Masjid”. (Hadits Riwayat Imaam Al Bukhoory dan Imaam Muslim)

3)      Dari Murtsid Al Ghonawy رضي الله عنه berkata,

عَنْ أَبِى مَرْثَدٍ الْغَنَوِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تَجْلِسُوا عَلَى الْقُبُورِ وَلاَ تُصَلُّوا إِلَيْهَا ». (رواه مسلم أبو داود

Bersabda Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, ‘Janganlah kalian duduk diatas kuburan dan jangan sholat menghadapnya’.” (Hadits Riwayat Imaam Muslim dan Imam Abu Daawud)

4)      Dari Abu Hurairoh رضي الله عنه bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم berdoa,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا لَعَنَ اللَّهُ قَوْمًا اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ ( رواه أحمد

Ya Allooh janganlah Engkau jadikan kuburanku sebagai berhala.’ “Allooh mengutuk suatu kaum yang telah menjadikan kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai Masjid.”.” (HR. Imaam Ahmad).

Dan dalam riwayat Imaam Maalik dalam Muwaththo’:

Ya Allooh janganlah Engkau jadikan kuburanku sebagai berhala yang disembah”. “Kemurkaan Allooh sangat atas suatu kaum yang telah menjadikan kuburan Nabi mereka sebagai Masjid.”

Imaam Nawawi berkata, “Dalam hadits ini (Hadits Abu Hurairoh رضي الله عنه diatas) terdapat larangan yang nyata tentang sholat menghadap kuburan. Berkata Imaam Syafi’iy, ‘Dan aku membenci suatu makhluk diagungkan sehingga dijadikan kuburannya sebagai Masjid. Ditakutkan hal ini menjadi fitnah padanya dan pada orang-orang setelahnya’.” (Lihat Syarah Shohiih Muslim)

Juga berkata Imaam Al Baidhoowy, “Ketika Yahudi dan Nashroni sujud pada kuburan Nabi-Nabi mereka sebagai pengagungan terhadap mereka dan mereka menjadikannya sebagai kiblat dimana mereka mengarahkan wajah mereka kepadanya dalam sholat dan menjadikannya bagi mereka sebagai berhala, maka kaum muslimiin dilarang untuk itu.” (dinukil oleh Al Imaam Asy Syaukaany dalam kitab “Subullus Salaam”)

Adapun apa yang dilakukan oleh penganut agama Syi’ah seperti yang dapat kita saksikan dalam beberapa foto berikut ini adalah merupakan bukti data dan fakta bahwa mereka adalah jauh dari ajaran Muhammad Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم.

Sumber: http://maulana2008.multiply.com/photos/album/50/KIBLAT_ORANG_SYIAH_ADALAH_KUBURAN#7

Meratap dan berdo’a di kuburan

Kuburan Khomeini

Sumber: http://maulana2008.multiply.com/photos/album/50/KIBLAT_ORANG_SYIAH_ADALAH_KUBURAN#photo=2

Sujud ke Kuburan, bukannya kearah Kiblat

Sumber: http://maulana2008.multiply.com/photos/album/50/KIBLAT_ORANG_SYIAH_ADALAH_KUBURAN#photo=1

 

Karena itu hati-hatilah, jangan sampai ada diantara kita pengikut Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم tertipu oleh Syi’ah, melalui ajaran Taqiyyah (dusta untuk menyembunyikan aqidah) mereka.

Yang dengan taqiyyah ini, seorang da’i yang berpaham Syi’ah kelihatannya seperti da’i Ahlus Sunnah. Sehingga, banyak orang awam yang terkecoh dan lama-kelamaan digiring untuk mengikuti ajaran Syi’ah.

Ya Allooh, perlihatkan lah kepada kami, yang haq (benar) itu adalah benar, dan karuniakanlah kepada kami kemampuan untuk mengikuti yang haq (benar) itu. Ya Allooh, perlihatkanlah bahwa yang baathil itu adalah baathil dan berikanlah kepada kami kemampuan untuk menghindari dan meninggalkannya.

Ada pun situs-situs yang menjelaskan berbagai kesesatan syiah lebih detail antara lain adalah:

www.hakekat.com

www.syiahindonesia.com

www.haulasyiah.wordpress.com

www.gensyiah.com

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Karawang, Selasa pagi, 22 Sya’ban 1431 H – 3 Agustus 2010

—–0O0—–

Silakan download PDF : Haromnya Duduk & Sholat diatas Kuburan FNL

2 Comments leave one →
  1. yull permalink
    13 April 2011 2:29 pm

    Ijin share / kirim ke teman… Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: